Rabu, 10 Agustus 2016

Dua hukum kasih

Matius 22:40

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."



Haleluya, adik adik yang dikasihi Tuhan. Hari ini kita belajar  kasih. Kenapa kasih begitu penting ?? Kemarin kita sudah belajar bahwa kasih adala identitas orang Kristen.

Kasih kepada Tuhan, berarti kita sayang kepada Tuhan. Bagaimana kita menunjukan rasa sayang kita kepada Tuhan Yesus. Tentu saja dengan selalu belajar dan meneliti Firman Tuhan serta melakukannya dalam hidup ini.

Ketika berbicara kasih kepada sesama. Maka kasih itu harus di tunjukan kepada. Semua orang. Sehingga kasih itu boleh ada di dalam kita dan orang lain pun ikut merasakan kasih tersebut.

Seperti garam, kasih pun harus bisa dirasakan oleh diri sendiri dan orang lain. Sehingga menjadi saksi bagi Tuhan Yesus  dan contoh bagi orang lain.

Dengan kasih kepada Tuhan dan sesama,  hidupmu pasti membawa damai sejahtera yang dapat berguna dan dirasakan oleh orang lain supaya menjadi suatu kesaksian hidup untuk memuliakan Tuhan Yesus Kristus. 

1 komentar:

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31( juga di Matius 22 : 37 - 39 dan Lukas 10 : 27 ), sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    [ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha ]

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    [ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha " ]

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus