Rabu, 03 Agustus 2016

garam : Melayani tanpa mengharapkan upah

Nehemia 5:19

 Ya Allahku, demi kesejahteraanku, ingatlah segala yang kubuat untuk bangsa ini. 



Haleluya, adik adik yang dikasihi Tuhan, kemarin kita belajar tentang garam. Garam yang asin  digambarkan sebagai anak anak Tuhan Yesus yang memiliki damai sejahtera dalam dirinya dan memiliki dampak untuk orang orang disekitarnya.

Hari ini kita belajar tentang bagaimana kita menjadi damai sejahtera bagi lingkungan kita. Kita belajar dari nabi Nehemia. Nehemia dipakai Tuhan Yesus dengan luar biasa. Kita tahu bahwa nehemia adalah juru minum raja.

Bagian terkecil yang dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang.  Tetapi dia taat, dia mengerjakan apa yang dia bisa lakukan. Dia hanya berdoa sungguh sungguh kepada Tuhan dan Tuhan menjawab doanya. Haleluya...

 Dia tidak berpikir bahwa dia akan menjadi bupati dan memimpin suatu daerah. Tetapi Tuhan memberikan hal tersebut kepada Nehemia.

Dalam ayat yang ke 14 - 19 di ceritakan bagaimana dia selalu meminta hikmat dari Tuhan untuk memimpin  bangsanya. Sehingga Dia bisa menjadi berkat bagi orang lain dan bangsanya.

Walaupun banyak hal yang harus dia korbankan salah satunya tidak mengunakan haknya sebagai bupati untuk mendapatkan kenyamanan diri sendiri.  Agar rakyatnya tidak merasakan beban yang berat.

Nehemia menjadi contoh garam yang menjadi berkat bagi bangsa Israel. Dia ralut di dalam penderitaan yang dialami oleh orang Israel . Ia pun bekerja untuk Tuhan dengan sepenuh hati tanpa mencari untung ( tersembunyi - sifat garam). Ia hanya mengharapkan damai sejahtera  yang Tuhan berikan dapat dirasakan  di dalam dia  penuh dan menjadi berkat bagi bangsanya.

Bagaimana dengan kita ? Apakah kita mau seperti Nehemia ?? Memberikan yang terbaik untuk Tuhan tanpa embel embel apapun. Hanya menharapkan rencana Tuhan yang terbaik dan damai sejahtera dalam hidup kita penuh.

Roh Kudus yang mampukan kita untuk melakukan itu semua . Sehingga damai sejahtera dari Allah terus ada di dalam kita dan dirasakan oleh orang yang ada disekitar kita . Haleluya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar