Senin, 26 Juni 2023

pohon tarbantin kebenaran

Yesaya 61:3 untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya.

Tuhan mengaruniakan perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar
Bukan hanya sekedar agar manusia tertolong tetapi ada tujuan Tuhan didalamnya yaitu supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya. Ketika kita menjadi kuat, dibuatNya berhasil, diberkati maka Tuhanlah yang harus dipermuliakan.

Diakhir dari sebuah pergumulan, Yesaya memberitakan kabar baik tentang tahun rahmat TUHAN, dimana kehidupan bangsa Israel akan berubah total, sampai pada puncaknya yaitu menjadi pohon tarbantin kebenaran.

Mazmur 40:3 Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku, 4 Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN. 5 Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, yang tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh, atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan! 

Pemazmur bersaksi bahwa semua pencapaian, itu hanya karena kasih karunia Tuhan karena itu kita tidak perlu menjadi sombong dan arogan, setiap kenaikan level seharusnya menyemangati kita untuk terus mengagungkan Tuhan.

Ulangan 9:5 Bukan karena jasa-jasamu atau karena kebenaran hatimu engkau masuk menduduki negeri mereka, tetapi karena kefasikan bangsa-bangsa itulah, TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu, dan supaya TUHAN menepati janji yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub. 6 Jadi ketahuilah, bahwa bukan karena jasa-jasamu TUHAN, Allahmu, memberikan kepadamu negeri yang baik itu untuk diduduki. Sesungguhnya engkau bangsa yang tegar tengkuk!"

Keberhasilan dalam pelayanan sekalipun bukan karena jasa-jasa kita, semua hanya karena kesetiaan Tuhan, IA pegang janjiNya.

Yohanes 7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! 38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

Hari raya ini adalah perintah Tuhan kepada Israel untuk mengingat perjalanan nenek moyang mereka di padang gurun, walaupun nenek moyang mereka menyusuri padang gurun yang tandus, tetapi Tuhan tetap menyertai dan mencukupkan kehidupan mereka. Walaupun di padang gurun tidak ada sumber air, tetapi dengan kuasa Tuhan, IA tetap memberikan mereka air untuk kebutuhan hidup mereka.

Seruan Tuhan Yesus ini hendak menjelaskan kepada israel dan kita sebagai Israel rohani bahwa setiap orang yang percaya kepadaNya, maka padanya akan ada aliran air hidup. 

Jika kita ingin memiliki kehidupan yang berdampak bagi sekeliling kita, “menjadi pohon tarbantin kebenaran” maka datanglah pada Yesus seraplah kasih dan kuasaNya maka niscaya siapapun kita akan menjadi berkat bagi sekeliling kita.

Tetap semangat. Jbu


Sumber : Penjaga Menara - GPdI Green lake City

New seven Generation's artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar