Selasa, 13 Juni 2023

pengharapan yang pasti jika dikuatkan Roh Kudus

Roma 15:13  
Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

❇️ Semua manusia tentu punya harapan, semoga hari esok lebih baik dari hari ini. Walaupun demikian seringkali faktanya berbeda, kenyataan tidak sesuai ekspektasi. Saat harapan kita diuji, bisa saja kita putus asa yang menyebabkan reaksi tertentu.

Ayub 7:6-7 
Hari-hariku berlalu lebih cepat dari pada torak, dan berakhir tanpa harapan. Ingatlah, bahwa hidupku hanya hembusan nafas; mataku tidak akan lagi melihat yang baik. 

❇️ Seorang yang putus asa akan membayangkan hari esok adalah hari yang buruk walau demikian kehadiran Roh Kudus akan menguatkan kepercayaan kita.

1 Raja-raja 19:3-4 
Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya; dan setelah sampai ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana. Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: "Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku."

❇️ Jika nabi Elia saja bisa putus asa, maka jangan berspekulasi, kitapun bisa demikian. Bangunlah keintiman dengan Tuhan agar jangan mudah menyerah saat goncangan menerpa.

Ayub 2:9 
Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah!"

❇️ Peristiwa paling sulit bukanlah saat kita digoncang tetapi ketika yang dianggap bisa menopang namun ternyata tidak mendukung, malah berseberangan pemikiran.

Ayub 1:21-22 
katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!" Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dan tidak menuduh Allah berbuat yang kurang patut. 

❇️ Ayub teruji dalam kesetiaannya kepada TUHAN, tidak heran waktu diterpa badai kehidupan yang paling ganas sekalipun, ia tidak mudah menyerah.

Efesus 1:16-19 
aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku, dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya 

❇️ Ketika kita mengingat sorga maka pengharapan kita akan kembali terbangun.

Yohanes 1:12 
Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

👉 Jangan berputus asa saat dilanda badai kehidupan sebab pada kenyataannya, kita telah diberi kuasa oleh TUHAN yang hidup demi pergerakan dan hasil yang lebih besar.

Tetap Semangat JBU



Sumber : Penjaga Menara - GPdI Green lake City

New seven Generation's artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar