Sabtu, 10 Juni 2023

persekutuanlah kita dapat saling menopang

Filipi 2:4  
dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. 
 
❇️ Memperhatikan kepentingan orang lain memang bukan hal yang lazim, namun dalam kehidupan ini kita butuh keseimbangan, sebab jika kita hanya fokus pada diri sendiri maka kita akan terjebak dalam keadaan seolah-olah di dunia ini hanya kita sendiri manusia yang paling menderita. 
 
2 Korintus 1:3-4
Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. 
 
❇️ Kebanyakan orang bangun pagi hanya ingat dengan masalahnya sendiri, ketahuilah bahwa saling dukung dan saling memperhatikan adalah hal yang paling indah, mulailah dengan berdoa bagi orang lain baru setelah itu berdoa bagi diri kita sendiri. 
 
2 Korintus 1:5  
Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah. 
 
❇️ Dari pada memikirkan keadaan diri sendiri atau menyesali peluang yang terlewatkan, mulailah gunakan energi kita untuk memikirkan bagaimana keadaan orang lain, mulailah dari orang tua kita, keluarga kita, sahabat kita, tetangga kita, teman segereja, niscaya kita akan lebih berbahagia hari ini. 
 
2 Korintus 1:6  
Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita juga.  
 
❇️ Membantu dan memperhatikan keadaan orang lain akan mengubah pola pikir kita, bahwa di dunia ini bukan hanya kita saja yang menderita, sedangkan orang yang hanya fokus pada penderitaannya akan terbelenggu hidupnya seolah-olah hanya dirinya sendiri yang paling menderita, akibatnya orang-orang yang demikian akan semakin stres hidupnya dan ada juga yang bunuh diri karena merasa dirinya adalah manusia yang paling malang di dunia ini. 
 
1 Korintus 12:12-14, 20-21 
Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota. Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh. Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: "Aku tidak membutuhkan engkau." Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: "Aku tidak membutuhkan engkau."
 
👉 Memang paradok dan aneh, kita bisa menjadi lebih kuat dan lebih berbahagia ketika membantu dan menopang orang-orang yang juga menderita, prinsipnya adalah persekutuan mendatangkan kekuatan yang luar biasa, jangan sendirian dan jangan egois, dalam hidup ini kita butuh saling topang dan saling dukung.

Tetap semangat. JBU



Sumber : Penjaga Menara - GPdI Green lake City

New seven Generation's artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar