Sabtu, 24 Juni 2023

Sehat dan berbahagia adalah rancangan Tuhan

Amsal 3:16-17  Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan, jalannya adalah jalan penuh bahagia, segala jalannya sejahtera semata-mata.  
 
Syarat memiliki umur panjang adalah hidup sehat, hal pertama dan utama yang harus kita ketahui adalah tugas dan fungsi organ tubuh kita, sehingga kita bisa menjaganya dengan baik. Walaupun semua itu tidak mudah jalannya namun yakinlah bahwa semuanya itu sudah disediakan Tuhan, ikut hukumNya, bahagialah kita.
 
Matius 15:17  Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban? 
 
Jarak lidah dan tenggorokan hanya sekitar lima centimeter, namun berperan aktif dalam menentukan kesehatan hidup kita, manusia makan dan minum sesukanya, hanya untuk memuaskan lidahnya, begitu masuk kedalam tenggorokan lalu ke perut mereka tidak lagi peduli dengan apa yang dinamakan kenikmatan dari makanan yang kita makan, namun memberi dampak yang besar atas seluruh organ tubuh kita yang lain. 
 
Matius 24:37-38  "Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia, sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera. 
 
Manusia akhir zaman lebih menekankan kenikmatan lidah ketimbang mempertanggung jawabkan sebab akibat apa yang dimakannya bagi seluruh organ organ tubuhnya. 
 
Matius 6:11  Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya. 
 
Ayat ini mengandung pesan yang indah bagi kita semua, bahwa manusia hidup bukan untuk "MAKAN" tetapi makan supaya bisa "HIDUP", makan secukupnya berarti kita menjaga pencernaan berikut organ organ tubuh kita agar tidak bekerja over dosis untuk menetralisir kelebihan asupan makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 
 
1 Petrus 4:3  Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang.  
 
Obat dan vitamin tidak bisa dijadikan jaminan hidup akan sehat, utamakan penguasaan diri, seperti jaga hati, jaga ucapan, istirahat cukup, makan dengan gizi seimbang serta olahraga teratur, itulah yang membuat hidup menjadi sehat. 
 
Mazmur 139:13-14  Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku, aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.  
 
Betapa ajaibnya Tuhan membentuk diri kita, peliharalah semua organ tubuh kita, jika makan terlalu kenyang akan merusak pankreas, kebanyakan asin akan merusak ginjal dan jantung, kebanyakan lemak, makanan pedas, polusi rokok, pokoknya makan tanpa pantang, merusak maag, hati(lever), usus, empedu, paru paru, empedu. 
 
1 Korintus 6:19  Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah,  dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?  
 
Jaga dan peliharalah tubuh kita, sebagai bait Allah, ingatlah bahwa Allah menginginkan kita hidup sehat, makan, tidur dan kerja secara teratur, dan disiplin maka hidup sehat pasti menjadi milik kita.

Tetap semangat. Jbu



Sumber : Penjaga Menara - GPdI Green lake City

New seven Generation's artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar